Halo Blibli Seller!
Tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2019 ya. Menyambut tahun baru 2020, sudah ada yang bikin resolusi belum? Adakah yang punya resolusi buat punya penghasilan sendiri di tahun baru, tapi bingung mau apa atau gimana cara memulainya?Jualan aja gan. Bukankah sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam berdagang?Tapi.., mulainya darimana?
Tak perlu bingung, mulai saja dengan bergabung sebagai merchant di Blibli.com. Kenapa harus di Blibli? Karena Blibli sangat memanjakan para merchantnya dengan s berbagai fasilitas andalan. Jadi penasaran kan, apa saja sih keuntungan sebagai Blibli Seller?
Keuntungan sebagai Blibli Seller. Source : google |
1. Gratis foto produk
Buat pelaku online shop, punya foto produk yang bagus sudah pasti jadi syarat utama agar produk laku di pasaran. Kenapa? Karena pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung dan hanya bisa menilai produk dan memutuskan akan membeli atau tidak hanya dari foto dan deskripsinya.
Di komunitas Blibli Seller, produk yang akan dijual akan di foto oleh fotografer profesional secara gratis! Caranya gampang banget, tinggal bawa produknya, di foto, dan Blibli Seller tinggal mengunggah hasil foto yang sudah bernilai jual tinggi tersebut untuk dijual.
2. Gratis kemasan untuk beragam ukuran produk.
Kemasan yang rapi dan aman tentunya akan menarik minat pembeli untuk melakukan repeat order. Di Blibli, kemasan untuk pengiriman juga diberikan kepada merchant secara gratis! Untuk caranya sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca di sini ya.
3. Gratis biaya pengiriman.
Salah satu promosi yang bisa menarik banyak pembeli adalah promosi gratis biaya kirim. Di Blibli, merchant tidak perlu repot-repot memberikan promosi ini, karena semua pembelian produk di Blibli.com sudah gratis biaya kirim. Lebih lengkapnya bisa dibaca di sini.
Source : google |
4. Asuransi pengiriman produk.
Asuransi pengiriman sangat diperlukan, terutama untuk barang-barang yang memiliki nilai jual tinggi atau barang-barang kategori elektronik yang rentan rusak selama proses pengiriman.
Asuransi pengiriman produk di Blibli.com diberikan hingga 100%, sehingga penjual dan pembeli tidak perlu merasa khawatir adanya barang hilang ataupun rusak selama proses pengiriman.
5. Merchant Care.
Yang namanya berjualan pasti tidak luput dari adanya masalah. Bisa masalah dengan pembeli, kurir pengiriman, proses ketersediaan stok dan banyak lagi lainnya. Untuk itulah salah satu fitu andalan bagi Blibli Seller adalah adanya Merchant Care.
Di Merchant Care, Blibli Seller bisa bertanya apa saja yang menjadi kendala selama proses jual beli di Blibli.com.
Merchant Care bisa dihubungi Blibli Seller setiap hari mulai dari hari Senin sampai Minggu pada jam 08.00 - 22.00 WIB. Jangan khawatir, layanan ini cepat tanggap kok dalam memberikan solusi. Blibli Seller yang mau menghubungi Merchant Care bisa melalui 3 cara, yaitu :
1. Live chat
2. Telepon ke nomor 021-5797 7777
3. Email ke merchantcare@blibli.com
Source : Instagram @blibliseller |
Salah satu kendala yang mungkin saja terjadi dalam proses jual beli online adalah retur produk. Gimana sih proses retur produk di Blibli.com ?
Baca juga : Tips Sukses Raup Untung Melimpah di Harbolnas
Retur Produk Blibli.com
Kasus retur produk umumnya akan mengganggu kinerja Seller karena prosesnya yang memakan waktu yang tidak sebentar. Belum lagi dalam menjaga komunikasi dengan Buyer agar tidak terjadi salah paham yang bisa mengakibatkan turunnya tingkat kepercayaan pelanggan.
Paham akan hal ini, Blibli.com memberikan pelayanan retur produk yang cepat dan praktis. Sehingga Seller maupun Buyer tidak perlu khawatir dan direpotkan selama proses retur produk.
Jika kamu sebagai Buyer, berikut adalah tahapan mudah untuk melakukan retur produk yang cacat atau tidak sesuai :
1. Pastikan produk yang akan dikembalikan masih dalam keadaan seperti ketika diterima pertama kali dan belum digunakan. Produk yang akan diretur harus berada dalam periode retur dihitung dari hari produk diterima
2. Mengisi formulir pengembalian produk yang bisa dilihat di profile akun. Di dalam formulir ini dideskripsikan dengan lengkap mengenai keluhan produk disertai foto. Buyer juga diminta memilih solusi return antara mengganti dengan produk yang baru atau pengembalian dana.
3. Kemas produk dengan rapi seperti ketika diterima pertama kali dan kirimkan ke alamat warehouse retur Blibli.com. Saat ini ada 4 kota pilihan warehouse retur Blibli.com yaitu Jakarta, Surabaya, Medan dan Denpasar.
4. Untuk metode pengembalian produk tersedia 5 opsi, yaitu pengembalian melalui Retur Spot Blibli, Pop Box, melalui Alfatrex dari toko Alfa Grup, menggunakan jasa penjemputan kurir Blibli, atau menggunakan jasa pengiriman lainnya. Untuk pengiriman retur produk semuanya tidak dikenakan biaya kirim, dan jika dikirim melalui jasa pengiriman lainnya maka ongkos kirim akan diganti oleh pihak Blibli.com nantinya.
Baca juga : Cara Melejitkan Omzet dengan QR Code
5. Produk yang diretur akan diperiksa oleh pihak Blibli.com maksimal 1 hari setelah produk sampai, dan solusi akan diberikan dalam waktu maksimal sehari setelahnya.
Nah, segampang dan sepraktis itu kan proses retur produk di Blibli.com? Makin bersemangat dong untuk bergabung sebagai Blibli Seller? Yuk wujudkan segera resolusi jualanmu di tahun mendatang dimulai dari sini .
Baca juga : Tips Sukses Raup Untung Melimpah di Harbolnas
Retur Produk Blibli.com
Kasus retur produk umumnya akan mengganggu kinerja Seller karena prosesnya yang memakan waktu yang tidak sebentar. Belum lagi dalam menjaga komunikasi dengan Buyer agar tidak terjadi salah paham yang bisa mengakibatkan turunnya tingkat kepercayaan pelanggan.
Paham akan hal ini, Blibli.com memberikan pelayanan retur produk yang cepat dan praktis. Sehingga Seller maupun Buyer tidak perlu khawatir dan direpotkan selama proses retur produk.
Source : Google |
Jika kamu sebagai Buyer, berikut adalah tahapan mudah untuk melakukan retur produk yang cacat atau tidak sesuai :
1. Pastikan produk yang akan dikembalikan masih dalam keadaan seperti ketika diterima pertama kali dan belum digunakan. Produk yang akan diretur harus berada dalam periode retur dihitung dari hari produk diterima
2. Mengisi formulir pengembalian produk yang bisa dilihat di profile akun. Di dalam formulir ini dideskripsikan dengan lengkap mengenai keluhan produk disertai foto. Buyer juga diminta memilih solusi return antara mengganti dengan produk yang baru atau pengembalian dana.
Pengajuan retur produk. Source : Google |
3. Kemas produk dengan rapi seperti ketika diterima pertama kali dan kirimkan ke alamat warehouse retur Blibli.com. Saat ini ada 4 kota pilihan warehouse retur Blibli.com yaitu Jakarta, Surabaya, Medan dan Denpasar.
4. Untuk metode pengembalian produk tersedia 5 opsi, yaitu pengembalian melalui Retur Spot Blibli, Pop Box, melalui Alfatrex dari toko Alfa Grup, menggunakan jasa penjemputan kurir Blibli, atau menggunakan jasa pengiriman lainnya. Untuk pengiriman retur produk semuanya tidak dikenakan biaya kirim, dan jika dikirim melalui jasa pengiriman lainnya maka ongkos kirim akan diganti oleh pihak Blibli.com nantinya.
Source: Google |
Baca juga : Cara Melejitkan Omzet dengan QR Code
Source : Google |
5. Produk yang diretur akan diperiksa oleh pihak Blibli.com maksimal 1 hari setelah produk sampai, dan solusi akan diberikan dalam waktu maksimal sehari setelahnya.
Nah, segampang dan sepraktis itu kan proses retur produk di Blibli.com? Makin bersemangat dong untuk bergabung sebagai Blibli Seller? Yuk wujudkan segera resolusi jualanmu di tahun mendatang dimulai dari sini .
Keren banget fitur-fiturnya buat seller Mba, gratis foto dan kemasan produk, juga ada fitur merchant care, sehingga gak cuma mempedulikan dari sisi buyer aja.
BalasHapusIya.. fitur-fitur yang disediakan sangat banyak membantu seller juga
HapusOngkos kirim gratis yang bikin daku demen belanja di blibli, hihi. Apalagi ada asuransi penanganan dan merchant care yang bisa membantu kita
BalasHapusHihi.. sama mbak.. aku senang belanja freeong.. jadinya gak pake mikir lagi
HapusPelayanan maksimal dari e-commerce jadi salah satu alasan kenapa saya akan berbelanja online di sana. Semoga pelayanan maksimalkan ini bisa dipertahankan ya...
BalasHapusYes. . Pelayanan sangat penting biar dalam proses jual beli kedua belah pihak merasa tenang
Hapuswuiih aku kok ya kurang melirik BliBli, eh ternyata sgini bagusnya.. nanti aku mau coba jual2 produk2 kecantikan di BliBli deh hehe soalnya gratis ongkir.. ga ada orang yang ga suka gratisan hihii
BalasHapusNaahhh.. udah tahu sekarang kan mbak.. cuusss.. diborong.. diborong...
HapusUntuk gratis foto produk, ada minimal omset nggak mba? Misal baru daftar apa bisa langsung minta fasilitas foto produk free? Gratis ongkir juga ternyata ya. Menarik nih buat ibu-ibu seperti saya hehe
BalasHapusSetahu saya gak ada mbak. Syaratnya cuma bawa barang yang mau di poto aja.
HapusWah jadi kalau jualan via blibli gak perlu pusing mikirin ongkir ya? Ini kebijakannya menguntungkan pembeli dan penjual gtu ya? Lalu nanti pas kirim paket apa kita akan dibayarin Blibli atau gmn? Semacam kirim tagihan biar direimburse gtu kah?
BalasHapusIya.. semacam reimburse gitu sistemnya.. nanti akan ditransferkan ke rekening seller
HapusKok blibli jadi makin menggiurkan ya sekarang. Duh, nyesel deh aku gak lanjut jualan di Blibli padahal penawaran buat sellernya oke-oke banget😭. Kayaknya aku harus aktif jualan lagi di Blibli.
BalasHapusMakin ke sini pelayanannya makin ditingkatkan kak. Sudah pernah jualan di Blibli juga sebelumnya kak?
HapusOh gitu, salah satu keuntungan jadi seller di blibli adalah bebas ongkir? Bermanfaat banget buat buyer ataupun seller dong ya? Asyik banget, makin memudahkan ajaa
BalasHapusIya kak, salah satunya, manfaat lainnya sih banyak banget.. gak nyesal deh pokoknya gabung di Blibli Seller
HapusKeren banget ya Blibli menyediakan jasa foto gratis. Pantes aja di Blibli foto produk yang dipajang bagus2 banget dan kualitas HD. Ini menarik minat pembeli banget sih.
BalasHapusBener banget.. kebayang dong kalau sewa jasa fotografer profesional tambahan berapa lagi biayanya..
HapusJualan di Blibli memudahkan Seller banget ya, fitur-fiturnya keren. Saya jg nih lagi mikir mau jualan tapi masih maju mundur. Mau coba pelajari lebih lanjut ah ttg jualan di Blibli ini.
BalasHapusMakasih ya Mbak.
Makin ke sini pelayanan nya makin keren dan sangat membantu seller loh kak.
HapusIyaayaa, jadi pengen segera buka toko di Blibli aja.
HapusTapi masih bingung sih ini mau jualan apa.
Sana sini ikut jd reseller produk tanpa modal sih sebenarnya 😁
Bisa banget.. Di Blibli juga bisa dropship loh kak..
Hapusmenarik juga nih jualan di blibli. saya pikir hanya pembeli saja yang sering dapat promo, ternyata seller nya juga banyak fitur pendukung nya
BalasHapusIya kak. Kalau di Blibli baik pembeli ataupun penjual sama-sama Numero Uno
HapusPengusaha kecil dan menengah di daerah saya sudah banyak juga yang gabung di Blibli. Banyak manfaat serta keuntungannya. Semoga saja terus bisa membantu banyak masyarakat yang usaha jual beli ya
BalasHapusAmiinn.. semoga makin menambah semangat jualan yaa
HapusKeren abis ya Blibli ini, menguntungkan pembeli dan penjual banget ini mah, apalagi adanya fitur retur yang mudah banget.
BalasHapusBanyak banget soalnya pengalaman produk yang tidak sesuai harapan, tapi susah diretur.
Semoga semakin banyak UKM terbantukan dengan Blibli :)
Iya kak.. retur barang gak pake ribet, prosesnya juga lebih cepat
HapusIya kak. Proses return nya cepat dan anti ribet
HapusKeren banget ga ada ongkir kalau mau retur. Soalnya kendala aku setiap mau retur barang itu di ongkir, kalau diitung2 ongkir nya mahal, aku mending ga retur sih wkwk selama barangnya masih bisa dipakai.
BalasHapusWkwkwk.. daripada rugi di ongkir ya kak.. lebih baik dimanfaatkan saja
Hapuskebetulan aku pernah beli produk di blibli n emang retur barangnya lebih gambang dari pada e-commerance lain.
BalasHapusYup.. praktis dan cepat prosesnya kan kak?
HapusBeli produk apa aja di Blibli memang menyenangkan. Selain lengkap, dan bisa diambil dengan cara click &collect ada jaminan asuransi juga jadi lebih adem aja belanjanya
BalasHapusJaminan asuransi memang bikin seller dan buyer jadi lebih tenang waktu transaksi.
HapusAku udah beberapa kali pake blibli tapi buat pesen tiket kaya nonton badmin gitu sih wkwk. Pengen sekali-kali nyoba beli produk sama jual produk disini kayanya terjamin aman deh setelah baca artikel kaka ini, kapan-kapan aku mau coba ahhh
BalasHapusWah.. hobi kita sama nih.. nonton badminton.. haha
HapusKayaknya aku harus mulai jualan lagi di Blibli tahun depan mbak, kayaknya untung banget nih jadi salah satu seller di Blibli🤭
BalasHapusCuusss mbak.. resolusi tahun baru.
HapusSebagai pedagang, aku belum coba aplikasi blibli untuk jualan. Selama ini masih fokus di dua platform marketplace lainnya. Kalau untuk beli produk, pernah sesekali di blibli. Cukup rekomended, harga bersaing juga ya
BalasHapusCuusss dicoba mbak.. nambah peluang pasar dan keuntungan di tahun baru
HapusYg menarik tu gratis biaya pengiriman.. Gratis ongkir selalu menarik minat semua konsumen e-commerce, krn kadang harga ongkir sm harga barang lebih mahal ongkir nya.. So nice job blibli 👍
BalasHapusIyaa.. kadang beli barang kena ongkir mahal gak jadi beli ya.. makanya free ongkir penting banget
HapusWaah membantu banget mbak, buat seller yang jualan di Blibli..
BalasHapusAku jadi mupeng pengin bergabung di merchant nya Blibli
Cuusss mbak gabung.. biar makin untung
HapusWah boleh jg nih, aku selama ini jualan di marketplace lain, next cobain ah di blibli
BalasHapusIya cobain mom.. tahun baru rezeki baru..
HapusWaah banyak banget benefit nyaa. Segera meluncur install app nya dan belanjaaa... makasih nih mom review super lengkap nyaaa..
BalasHapusSama-sama mom.. happy shopping ya.. hati-hati kalap..
HapusAku baru tahu bisa gratis foto produk, pastinya bikin lebih menarik yaa, soalnya kayak aku gitu kalau foto barang seringnya ya gitu-gitu aja :D.
BalasHapusBanget mbak.. kebayang kan kalau harus sewa fotografer profesional buat foto produk cost nya jadi naik
HapusWin win solution nih buat pembeli dan penjual. Sama sama mebguntungkN kalau ga ada ongkir lagi ya, asikkk
BalasHapusJadi gak nahan-nahan lagi kalau mau ngeborong barang ya mbak.. ;)
Hapussebelumnya aku suka belanja juga diblibli tapi blom ada yang return2 gini nih. jadi tau skarang klo di belibli lebih maju sekarang dalam berinovasi.
BalasHapusAlhamdulillah, aku juga belum pernah kejadian return sih mbak, biasanya selalu puas belanja di blibli
Hapus