Mamapocin
  • Home
  • Parenting
    • Parenting
  • Beauty
    • Beauty
  • Health
    • Health
  • Travel
    • Travel

Home tips Untungnya Jualan di Blibli.com, Mudahnya Proses Retur Hingga Layanan Merchant Care

Untungnya Jualan di Blibli.com, Mudahnya Proses Retur Hingga Layanan Merchant Care

Ika Gifka Desember 13, 2019 55

Halo Blibli Seller!

Tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2019 ya. Menyambut tahun baru 2020, sudah ada yang bikin resolusi belum? Adakah yang punya resolusi buat punya penghasilan sendiri di tahun baru, tapi bingung mau apa atau gimana cara memulainya?Jualan aja gan. Bukankah sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam berdagang?Tapi.., mulainya darimana? 

Tak perlu bingung, mulai saja dengan bergabung sebagai merchant di Blibli.com. Kenapa harus di Blibli? Karena Blibli sangat memanjakan para merchantnya dengan s berbagai fasilitas andalan. Jadi penasaran kan, apa saja sih keuntungan sebagai Blibli Seller? 

Keuntungan sebagai Blibli Seller.
Source : google

1. Gratis foto produk

Buat pelaku online shop, punya foto produk yang bagus sudah pasti jadi syarat utama agar produk laku di pasaran. Kenapa? Karena pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung dan hanya bisa menilai produk dan memutuskan akan membeli atau tidak hanya dari foto dan deskripsinya. 

Di komunitas Blibli Seller, produk yang akan dijual akan di foto oleh fotografer profesional secara gratis! Caranya gampang banget, tinggal bawa produknya, di foto, dan Blibli Seller tinggal mengunggah hasil foto yang sudah bernilai jual tinggi tersebut untuk dijual.

2. Gratis kemasan untuk beragam ukuran produk.

Kemasan yang rapi dan aman tentunya akan menarik minat pembeli untuk melakukan repeat order. Di Blibli, kemasan untuk pengiriman juga diberikan kepada merchant secara gratis! Untuk caranya sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca di sini ya.

3. Gratis biaya pengiriman.

Salah satu promosi yang bisa menarik banyak pembeli adalah promosi gratis biaya kirim. Di Blibli, merchant tidak perlu repot-repot memberikan promosi ini, karena semua pembelian produk di Blibli.com sudah gratis biaya kirim. Lebih lengkapnya bisa dibaca di sini.

Source : google

4. Asuransi pengiriman produk.

Asuransi pengiriman sangat diperlukan, terutama untuk barang-barang yang memiliki nilai jual tinggi atau barang-barang kategori elektronik yang rentan rusak selama proses pengiriman. 

Asuransi pengiriman produk di Blibli.com diberikan hingga 100%, sehingga penjual dan pembeli tidak perlu merasa khawatir adanya barang hilang ataupun rusak selama proses pengiriman.  


5. Merchant Care.

Yang namanya berjualan pasti tidak luput dari adanya masalah. Bisa masalah dengan pembeli, kurir pengiriman, proses ketersediaan stok dan banyak lagi lainnya. Untuk itulah salah satu fitu andalan bagi Blibli Seller adalah adanya Merchant Care. 
Di Merchant Care, Blibli Seller bisa bertanya apa saja yang menjadi kendala selama proses jual beli di Blibli.com. 

Merchant Care bisa dihubungi Blibli Seller setiap hari mulai dari hari Senin sampai Minggu pada jam 08.00 - 22.00 WIB. Jangan khawatir, layanan ini cepat tanggap kok dalam memberikan solusi. Blibli Seller yang mau menghubungi Merchant Care bisa melalui 3 cara, yaitu :
1. Live chat
2. Telepon ke nomor 021-5797 7777
3. Email ke merchantcare@blibli.com

Source : Instagram @blibliseller

Salah satu kendala yang mungkin saja terjadi dalam proses jual beli online adalah retur  produk.  Gimana sih proses retur produk di Blibli.com ?

Baca juga : Tips Sukses Raup Untung Melimpah di Harbolnas

Retur Produk Blibli.com

Kasus retur produk umumnya akan mengganggu kinerja Seller karena prosesnya yang memakan waktu yang tidak sebentar.  Belum lagi dalam menjaga komunikasi dengan Buyer agar tidak terjadi salah paham yang bisa mengakibatkan turunnya tingkat kepercayaan pelanggan.

Paham akan hal ini, Blibli.com memberikan pelayanan retur produk yang cepat dan praktis. Sehingga Seller maupun Buyer tidak perlu khawatir dan direpotkan selama proses retur produk.

Source : Google

Jika kamu sebagai Buyer, berikut adalah tahapan mudah untuk melakukan retur produk yang cacat atau tidak sesuai :

1. Pastikan produk yang akan dikembalikan masih dalam keadaan seperti ketika diterima pertama kali dan belum digunakan. Produk yang akan diretur harus berada dalam periode retur dihitung dari hari produk diterima

2. Mengisi formulir pengembalian produk yang bisa dilihat di profile akun. Di dalam formulir ini dideskripsikan dengan lengkap mengenai keluhan produk disertai foto. Buyer juga diminta memilih solusi return antara mengganti dengan produk yang baru atau pengembalian dana.

Pengajuan retur produk.
Source : Google

3. Kemas produk dengan rapi seperti ketika diterima pertama kali dan kirimkan ke alamat warehouse retur Blibli.com. Saat ini ada 4 kota pilihan warehouse retur Blibli.com yaitu Jakarta, Surabaya, Medan dan Denpasar.

4. Untuk metode pengembalian produk tersedia 5 opsi, yaitu pengembalian melalui Retur Spot Blibli, Pop Box, melalui Alfatrex dari toko Alfa Grup, menggunakan jasa penjemputan kurir Blibli, atau menggunakan jasa pengiriman lainnya. Untuk pengiriman retur produk semuanya tidak dikenakan biaya kirim, dan jika dikirim melalui jasa pengiriman lainnya maka ongkos kirim akan diganti oleh pihak Blibli.com nantinya.

Source: Google

Baca juga : Cara Melejitkan Omzet dengan QR Code

Source : Google

5. Produk yang diretur akan diperiksa oleh pihak Blibli.com maksimal 1 hari setelah produk sampai, dan solusi akan diberikan dalam waktu maksimal sehari setelahnya.

Nah, segampang dan sepraktis itu kan proses retur produk di Blibli.com? Makin bersemangat dong untuk bergabung sebagai Blibli Seller? Yuk wujudkan segera resolusi jualanmu di tahun mendatang dimulai dari  sini . 
Tags: Blibli Blibli Seller tips
Share:
Ika Gifka
A lifestyle blogger. Loves to write and learn new things. Have a dream to make better world with her words.

55 komentar :

  1. dianisekaring18 Desember 2019 pukul 00.33

    Keren banget fitur-fiturnya buat seller Mba, gratis foto dan kemasan produk, juga ada fitur merchant care, sehingga gak cuma mempedulikan dari sisi buyer aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.04

      Iya.. fitur-fitur yang disediakan sangat banyak membantu seller juga

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  2. Fenni Bungsu18 Desember 2019 pukul 01.25

    Ongkos kirim gratis yang bikin daku demen belanja di blibli, hihi. Apalagi ada asuransi penanganan dan merchant care yang bisa membantu kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.05

      Hihi.. sama mbak.. aku senang belanja freeong.. jadinya gak pake mikir lagi

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  3. Okti Li18 Desember 2019 pukul 03.53

    Pelayanan maksimal dari e-commerce jadi salah satu alasan kenapa saya akan berbelanja online di sana. Semoga pelayanan maksimalkan ini bisa dipertahankan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.06

      Yes. . Pelayanan sangat penting biar dalam proses jual beli kedua belah pihak merasa tenang

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  4. Renayku18 Desember 2019 pukul 18.37

    wuiih aku kok ya kurang melirik BliBli, eh ternyata sgini bagusnya.. nanti aku mau coba jual2 produk2 kecantikan di BliBli deh hehe soalnya gratis ongkir.. ga ada orang yang ga suka gratisan hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.06

      Naahhh.. udah tahu sekarang kan mbak.. cuusss.. diborong.. diborong...

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  5. K. Niken18 Desember 2019 pukul 22.25

    Untuk gratis foto produk, ada minimal omset nggak mba? Misal baru daftar apa bisa langsung minta fasilitas foto produk free? Gratis ongkir juga ternyata ya. Menarik nih buat ibu-ibu seperti saya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.07

      Setahu saya gak ada mbak. Syaratnya cuma bawa barang yang mau di poto aja.

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  6. April Hamsa19 Desember 2019 pukul 02.50

    Wah jadi kalau jualan via blibli gak perlu pusing mikirin ongkir ya? Ini kebijakannya menguntungkan pembeli dan penjual gtu ya? Lalu nanti pas kirim paket apa kita akan dibayarin Blibli atau gmn? Semacam kirim tagihan biar direimburse gtu kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.08

      Iya.. semacam reimburse gitu sistemnya.. nanti akan ditransferkan ke rekening seller

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  7. Fazirotul Firdaus19 Desember 2019 pukul 07.43

    Kok blibli jadi makin menggiurkan ya sekarang. Duh, nyesel deh aku gak lanjut jualan di Blibli padahal penawaran buat sellernya oke-oke banget😭. Kayaknya aku harus aktif jualan lagi di Blibli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.21

      Makin ke sini pelayanannya makin ditingkatkan kak. Sudah pernah jualan di Blibli juga sebelumnya kak?

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  8. Ajenghimme20 Desember 2019 pukul 01.02

    Oh gitu, salah satu keuntungan jadi seller di blibli adalah bebas ongkir? Bermanfaat banget buat buyer ataupun seller dong ya? Asyik banget, makin memudahkan ajaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.22

      Iya kak, salah satunya, manfaat lainnya sih banyak banget.. gak nyesal deh pokoknya gabung di Blibli Seller

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  9. Mellisa20 Desember 2019 pukul 20.48

    Keren banget ya Blibli menyediakan jasa foto gratis. Pantes aja di Blibli foto produk yang dipajang bagus2 banget dan kualitas HD. Ini menarik minat pembeli banget sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.23

      Bener banget.. kebayang dong kalau sewa jasa fotografer profesional tambahan berapa lagi biayanya..

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  10. Diah Alsa21 Desember 2019 pukul 12.23

    Jualan di Blibli memudahkan Seller banget ya, fitur-fiturnya keren. Saya jg nih lagi mikir mau jualan tapi masih maju mundur. Mau coba pelajari lebih lanjut ah ttg jualan di Blibli ini.
    Makasih ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.26

      Makin ke sini pelayanan nya makin keren dan sangat membantu seller loh kak.

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Diah Alsa26 Desember 2019 pukul 19.08

      Iyaayaa, jadi pengen segera buka toko di Blibli aja.
      Tapi masih bingung sih ini mau jualan apa.
      Sana sini ikut jd reseller produk tanpa modal sih sebenarnya 😁

      Hapus
      Balasan
        Balas
    3. Ika Gifka27 Desember 2019 pukul 21.52

      Bisa banget.. Di Blibli juga bisa dropship loh kak..

      Hapus
      Balasan
        Balas
    4. Balas
  11. surya24 Desember 2019 pukul 02.52

    menarik juga nih jualan di blibli. saya pikir hanya pembeli saja yang sering dapat promo, ternyata seller nya juga banyak fitur pendukung nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.28

      Iya kak. Kalau di Blibli baik pembeli ataupun penjual sama-sama Numero Uno

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  12. Okti Li24 Desember 2019 pukul 05.37

    Pengusaha kecil dan menengah di daerah saya sudah banyak juga yang gabung di Blibli. Banyak manfaat serta keuntungannya. Semoga saja terus bisa membantu banyak masyarakat yang usaha jual beli ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.40

      Amiinn.. semoga makin menambah semangat jualan yaa

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  13. Reyne Raea24 Desember 2019 pukul 06.59

    Keren abis ya Blibli ini, menguntungkan pembeli dan penjual banget ini mah, apalagi adanya fitur retur yang mudah banget.
    Banyak banget soalnya pengalaman produk yang tidak sesuai harapan, tapi susah diretur.

    Semoga semakin banyak UKM terbantukan dengan Blibli :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.41

      Iya kak.. retur barang gak pake ribet, prosesnya juga lebih cepat

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Ika Gifka27 Desember 2019 pukul 21.53

      Iya kak. Proses return nya cepat dan anti ribet

      Hapus
      Balasan
        Balas
    3. Balas
  14. Mellisa24 Desember 2019 pukul 18.09

    Keren banget ga ada ongkir kalau mau retur. Soalnya kendala aku setiap mau retur barang itu di ongkir, kalau diitung2 ongkir nya mahal, aku mending ga retur sih wkwk selama barangnya masih bisa dipakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka24 Desember 2019 pukul 20.41

      Wkwkwk.. daripada rugi di ongkir ya kak.. lebih baik dimanfaatkan saja

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  15. rina24 Desember 2019 pukul 22.39

    kebetulan aku pernah beli produk di blibli n emang retur barangnya lebih gambang dari pada e-commerance lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka25 Desember 2019 pukul 15.50

      Yup.. praktis dan cepat prosesnya kan kak?

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  16. Fenni Bungsu25 Desember 2019 pukul 02.22

    Beli produk apa aja di Blibli memang menyenangkan. Selain lengkap, dan bisa diambil dengan cara click &collect ada jaminan asuransi juga jadi lebih adem aja belanjanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka25 Desember 2019 pukul 15.51

      Jaminan asuransi memang bikin seller dan buyer jadi lebih tenang waktu transaksi.

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  17. Rafika Dwi Rahmah26 Desember 2019 pukul 04.26

    Aku udah beberapa kali pake blibli tapi buat pesen tiket kaya nonton badmin gitu sih wkwk. Pengen sekali-kali nyoba beli produk sama jual produk disini kayanya terjamin aman deh setelah baca artikel kaka ini, kapan-kapan aku mau coba ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka27 Desember 2019 pukul 21.45

      Wah.. hobi kita sama nih.. nonton badminton.. haha

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  18. Fazirotul Firdaus26 Desember 2019 pukul 05.49

    Kayaknya aku harus mulai jualan lagi di Blibli tahun depan mbak, kayaknya untung banget nih jadi salah satu seller di Blibli🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka27 Desember 2019 pukul 21.45

      Cuusss mbak.. resolusi tahun baru.

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  19. K. Niken26 Desember 2019 pukul 07.56

    Sebagai pedagang, aku belum coba aplikasi blibli untuk jualan. Selama ini masih fokus di dua platform marketplace lainnya. Kalau untuk beli produk, pernah sesekali di blibli. Cukup rekomended, harga bersaing juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka27 Desember 2019 pukul 21.46

      Cuusss dicoba mbak.. nambah peluang pasar dan keuntungan di tahun baru

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  20. Aldila Kun Condroweni26 Desember 2019 pukul 08.28

    Yg menarik tu gratis biaya pengiriman.. Gratis ongkir selalu menarik minat semua konsumen e-commerce, krn kadang harga ongkir sm harga barang lebih mahal ongkir nya.. So nice job blibli 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka27 Desember 2019 pukul 21.48

      Iyaa.. kadang beli barang kena ongkir mahal gak jadi beli ya.. makanya free ongkir penting banget

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  21. Diah Agustina26 Desember 2019 pukul 15.58

    Waah membantu banget mbak, buat seller yang jualan di Blibli..
    Aku jadi mupeng pengin bergabung di merchant nya Blibli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka27 Desember 2019 pukul 21.48

      Cuusss mbak gabung.. biar makin untung

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  22. Belgie27 Desember 2019 pukul 22.13

    Wah boleh jg nih, aku selama ini jualan di marketplace lain, next cobain ah di blibli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka28 Desember 2019 pukul 06.44

      Iya cobain mom.. tahun baru rezeki baru..

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  23. Siti sondari27 Desember 2019 pukul 22.23

    Waah banyak banget benefit nyaa. Segera meluncur install app nya dan belanjaaa... makasih nih mom review super lengkap nyaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka28 Desember 2019 pukul 06.44

      Sama-sama mom.. happy shopping ya.. hati-hati kalap..

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  24. Niwanda27 Desember 2019 pukul 22.49

    Aku baru tahu bisa gratis foto produk, pastinya bikin lebih menarik yaa, soalnya kayak aku gitu kalau foto barang seringnya ya gitu-gitu aja :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka28 Desember 2019 pukul 06.49

      Banget mbak.. kebayang kan kalau harus sewa fotografer profesional buat foto produk cost nya jadi naik

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  25. Diah Woro Susanti28 Desember 2019 pukul 02.58

    Win win solution nih buat pembeli dan penjual. Sama sama mebguntungkN kalau ga ada ongkir lagi ya, asikkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka28 Desember 2019 pukul 06.50

      Jadi gak nahan-nahan lagi kalau mau ngeborong barang ya mbak.. ;)

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
  26. standart butuh29 Desember 2019 pukul 05.07

    sebelumnya aku suka belanja juga diblibli tapi blom ada yang return2 gini nih. jadi tau skarang klo di belibli lebih maju sekarang dalam berinovasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ika Gifka29 Desember 2019 pukul 22.18

      Alhamdulillah, aku juga belum pernah kejadian return sih mbak, biasanya selalu puas belanja di blibli

      Hapus
      Balasan
        Balas
    2. Balas
Tambahkan komentar
Muat yang lain...

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar ( Atom )
Designed by OddThemes

About Author

Hi, I'm Ika, a lifestyle blogger.

Stay Connected

Popular Posts

  • Yakin Pencernaan Si Kecil Sehat? Yuk, Cek dengan Tummypedia
  • 5 Fakta Menarik Wedding Aggrement dari Novel Hingga Film
  • Review : Perawatan Wajah Korea Tanpa Downtime di Skinda Dermatology Jakarta
  • Melejitkan Omzet Berjualan dengan QR Code dan Click & Collect, Fitur Terbaru Blibli.com
  • Kumpulan Cerpen COVID-19 : Ketika Lockdown
Diberdayakan oleh Blogger.

Category

  • beauty
  • health
  • motherhood
  • mystory
  • parenting
  • resep
  • review
  • tips
  • travel

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *